Tutorial Menanam Lemon Balm dari Biji

Posted on: May 26, 2020, by :
Lemon Balm

Ada yang tahu lemon balm? Ada yang pernah dengar? Nama latinya Melissa Oficianalis,  Saya juga baru pertama kali menanam tanaman ini. Lemon Balm masih merupakan keluarga dari mint. Tanaman ini sering digunakan sebagai herbal dan dicampur di berbagai makan dan minuman, daun lemon balm ini memiliki aroma yang unik yaitu seperti daun sereh. Bagi yang ingin mencoba menanam sendiri dirumah di postingan ini saya akan sharing bagaimana menanam Lemon blam dari biji, untuk biji yang saya gunakan adalah dari produk Paris Garden. Disini saya menggunakan Paris Garden tanpa bermaksud untuk mempromosikan merk atau perusahaan tertentu, namun murni mereview produk yang dibeli sendiri. Silahkan membeli produk lain yang mempunyai kualitas yang bagus agar hasilnya juga memuaskan. Postingan ini juga sudah ada dalam bentuk video di Channel youtube @Kebun Ichiro

Persiapan untuk Menanam Lemon Balm:

  • Biji
  • Media tanam
  • Wadah semai
  • Air

Disini saya menggunakan Lemon Balm dari Paris Garden, biji, media tanam dan wadah (pot) udah komplit plus ditambah buku panduan menanam (manual instruction). Melihat lebih dekat saya mereview sekaligus peneyemaian benih lemon Balm dari Paris Garden silahkan menuju link Unboxing Mint Lemon Balm  Secara garis besar cara penyemaian lemon balm langkahnya seperti ini

  • Tuang media tanam ke dalam pot, sisakan sedikit
  • Tabur merata biji diatas permukaan media tanam, lalu taburkan media tanam sisa keatas biji
  • Semprot air dengan sprayer atau tuang menggunakan sendok perlahan-lahan

Kalau membaca dari buku panduan menanam, pot yg berisi semaian Lemon bam ini sebaiknya diletakan di dekat jendela sehingga terkena sinar matahari dan tetap hangat. Alternative lainnya bisa diletakan di tempat berbayang, artinya tetap hangat tapi tidak terkena sinar matahari langsung semisal dibawah kanopi rumah.

Pindah Tanam Lemon Balm

Lemon balm sprout ini kisaran 1 s/d 2 minggu tergantung kondisi lingkungan, sewaktu saya coba seminggu udah sprout dan minggu kedua udah tumbuh daun. Kondisi pot cukup penuh sehingga saya putuskan untuk pindah tanam sebagian besar ke instalasi hidroponik NFT. Proses pemindah tanaman lemon balm bisa ke postingan ini Wow!!! Lemon Balm Berhasil Tumbuh. Proses dan peralatan yang diperlukan sederhana saja:

Peralatan

  • Sendok
  • Rockwool yang sudah potong dadu
  • Wadah berisi air

Prosesnya

  • Cungkil lemon balm dengan sendok sehingga seluruh akar terangkat
  • Rockwool yang sudah dipotong dadu di belah dua, lalu jepit tunas lemon balm diantara rockwool
  • Letakan rockwool tersebut di net pot lalu letakan di instalasi hidroponik

Selanjutnya kita menunggu hingga lemon balm membesar untuk dipanen daunnya.

Budidaya Lemon Balm dengan Water Propagation

Bagi yang menanam lemon balm di installasi hidroponik sebaiknya perhatikan bahwa akar lemon balm cukup lebat sehingga dapat menyumbat gully atau pipa hidroponik  sehingga perlu dilakukan maintenance, berbeda dengan yang menanam di pot dengan media tanam tanah yang tidak menjadi kendala. Akar lemon balm akan tetap berada di pot dan tidak menyumbat aliran air dan tanaman sendiri tetap bakan hidup.

Selain dengan biji, budidaya lemon balm juga dapat dilakukan dengan water propagation yaitu memanfaatkan ujung batang lemon balm dewasa yang dipotong dan diletakan di rockwool hingga akar keluar yang menandakan water propagation berhasil. Untuk  bagaimana melakukan water propagation bisa dilihat di Tips Mudah Menanam Mint denga Water Propagation. DI video yang sudah saya sematkan di postingan ini juga sudah saya jelaskan bagaimana melakukan water propagation untuk lemon balm.

Itu saja dulu postingan Tutorial Menanam Lemon Balm dari Biji, semoga bermanfaat bagi kita semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *