Tips Membuat Instalasi Hidroponik NFT dari Pipa Paralon

Posted on: August 6, 2018, by :
instalasi hidroponik NFT

Proyek saya setelah membuat instalasi hidroponik dutch bucket adalah membuat instalasi NFT. Awalnya saya hanya ingin membuat instalasi hidroponik dutch bucket tapi ternyata ada kelebihan kayu dan akhirnya dimanfaatkan untuk membuat sebuah modul lagi. Awalnya juga mau membuat DFT tapi ditengah jalan ada beberapa hal teknis yang membuat pikiran saya berubah, kenapa tidak membuat instalasi NFT dari paralon saja? Saya udah punya DFT, Dutch Bucket, dan NFT dari talang air jadi sekarang saya ingin mencoba membuat instalasi NFT dari paralon.

Untuk NFT dari talang air yang pernah saya buat masih ada beberapa kekurangan dan itu membuat saya belum puas dengan hasilnya  dan memang saya peruntukan untuk semai dan baby sayur. Untuk skala industri sendiri, system NFT yang paling banyak dipakai di budidaya hidroponik karena waktu panen menjadi lebih cepat (produksi sayur jadi lebih cepat), dan hemat air. Walaupun begitu ada efek negatifnya adalah pemborosan listrik karena air harus  bersirkulasi terus menerus. SIlahkan tonton videonya sampai habis……..

Konsep Dasar NFT

NFT adalah kepanjangan dari Nutrient Film Tecnique, sistem ini mengalirkan air nutrisi ke akar tanaman secara terus menerus dengan sirkulasi aliran air yang tipis di gully. Tujuannya agar akar tanaman mendapat air, oksigen dan nutrisi yang cukup. Air akan dipompa dengan pipa dan disalurkan ke tiap-tiap talang air, lalu air akan kembali ketandon melalui pipa output. Ada beberapa hal yang jadi perhatian:

  1. Net pot harus menyentuh dasar gully/talang air/paralon.
  2. Gully harus dipasang miring sekitar 5 sampai 10 derajat sehingga air bisa mengalir tanpa ada yang menggenang.
  3. Air akan secara terus menerus dialirkan dan ini yang membedakan dengan system hidroponik lainnya.

Bahan-bahan dasar  dan peralatan pembuatan  Instalasi Hidroponik NFT

Untuk peralatannya sendiri perlu kita siapkan bor beserta mata bor dan gergaji besi, paku, dan palu, untuk bahan-bahannya bisa dilihat di bawah:

  1. Instalasi NFT
    Instalasi NFT

    Kerangka dari Kayu

Saya menggunakan kayu sebagai dasar kerangka instalasi NFT, kayu yang saya pakai kayu murah meriah. Di            samarinda, kayu meranti ini 30 ribu perbatang panjangnya sekitar 3 meter. Saya perlu kurang lebih 5 batang

     2. Pipa Paralon 2,5 inchi

Pipa yang saya pakai adalah berukuran 2,5 inchi dan antar sambungan pipa menggunakan 1 inchi. Pipa 2,5                  inchi sudah cukup dan juga untuk menghemat angaran. Saya beli 4 batang dan masing-masing dipotong dua                nanti jadinya 8 rak sistem NFT. 1 batang saya buat 8 lobang. Jarak antar lobang tanam sekitaran 16 cm

     3. Pipa paralon 1 inchi

Pipa 1 inchi untuk sambungan antar pipa 2,5 inchi, nanti akan disambung dengan elbow. Cukup satu batang                saja yang panjangnya 4 meter

     4. Pipa paralon ½ inchi

Pipa ½ inchi ini untuk input ke pipa 2,5 inchi dan nanti disambung dengan pompa untuk menyalurkan air.                 Umumnya ujung pipa tidak bisa langung di hubungkan dengan karet sehingga kita masih perlu selang karet                 yang lentur

      5. Dop pipa 2,5 inchi

DOP dipasang di ujung-ujung pipa lalu nanti akan dilubangi sebesar diameter pipa 1 inchi. Untuk lubangnya               bisa dilihat di foto bagaimana posisi lubang. Kalau mau buat DFT tinggal di geser keatas menyesuaikan mau                 sedalam apa air nanti tergenang.

      6. Selotip Pipa

instalasi NFT
Penggunaan selotip pipa

Selotip pipa dipakai untuk mencegah kebocoran antar sambungan, terkadang walaupun sudah dikasih selotip             pipa masih bocor lebih baik dipermanenkan dengan lem. Kalaupun males dengan Lem , gunakan cat anti                       bocor

       7. Cat anti Bocor dan lem Pipa

saya lebih suka menggunakan cat anti bocor yang akan disapukan di sambungan antar pipa dan bila masih saja terjadi kebocoran terpaksa menggunakan lem pipa. Kalau menggunakan cat anti bocor sambungan tidak permanen karena masih bisa dilepas.

       8. Net Pot

Net pot yang saya pakai kali ini berwarna hitang untuk panjangnya 7 cm dan gegara net pot ini saya bikin Instalasi NFT karena net pot ini cukup dalam masuk kepipa sehingga aliran air menyentuh dasar netpot.

       9. Pompa

Pompa celup yang digunakan dengan daya dorong hingga 2 meter keatas sudah sangat memadai, disini saya beli yang daya dorongnya 2,4 meter 45 watt. Jadi cukup kuat aliran airnya untuk didorong ke pipa 2,5 inchi yang berada di posisi paling atas. Sistem hidroponik NFT ini banyak yang mengharuskan air bersirkulasi 24 jam tapi boleh saja ada jeda agar pompa istirahat.

      10. Plastic Box untuk tandon air nutrisi

Anda bisa mengantinya dengan yang lain ya, bisa degan ember atau apa saja yang penting bisa menampung air nutrisi.

Tips dan Cara Merakit Instalasi Hidroponik NFT

Pembuatan bebas, banyak contohnya diinternet dan buku-buku dengan tema pertanian hidroponik salah satunya Tips Membuat Instalasi Hidroponik dari Paralon. Saya tidak akan detail menjelaskan namun semoga penyertaan gambar yang tepat memberikan bayangan seperti apa modul hidroponik NFT yang saya buat. Oke lanjut saja

  1. Pertama-tama buat kerangka huruf A untuk tempat menaruh pipa 2,5 inchi, saya tidak sendiri karena memang menyewa jasa tukang kayu agar kerjaan cepat selesai. Bentuk kerangka huruf A menjadikan di kedua sisi dapat dipasang pipa-piapa untuk lubang tanam. Tidak lupa dikasih atap transparan agar tanaman tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup. Tinggi kerangka sekitaran 170 cm (dihitung dari lantai).
  2. Pipa 2,5 inchi yang panjangnya 4 meter dipotong menjadi 2 bagian. Lalu dibuat lubang untuk menaruh net pot dengan menggunakan Bor. Jarak antar titik yang akan dilubangin sekitar 20 cm, kalau sudah jadi antar lubang itu jaraknya 15 cm, belum ideal memang tapi memadai untuk menanam sayuran yang yang berdaun lebar.
  3. Pipa 2,5 inchi tadi dipasang di kerangka, setiap sisi 4 batang. Pemasangannya harus miring agar alr mengalir. Nanti harus dicoba ya jangan sampai air menggenang di pipa. Untuk pemasangan pipa ke kayu sendiri saya memakai clamp besi dan dipaku.
  4. Antar sambungan pipa, seperti dari 1 inchi ke elbow dikasih selotif lalu di dop yang diujung-ujung pipa 2,5 inchi juga dikasih selotif. Intinya antar sambungan diberikan selotif pipa agar tidak terjadi kebocoran.
  5. hidroponik NFT
    Lobang pas dibagian bawah

    Untuk Dop (penutup pipa) akan dipasang di kedua sisi pipa. Lubang dop menyesuaikan diameter pipa 1 inchi dan posisinya harus dibawa sekali (liat gambar) setelah itu Antar pipa nanti disambung dengan pipa 1 inchi plus elbow ya. Pipa 2,5 inchi harus berbeda ketinggian ya biar air mengalir  dari atas hingga kebawah.

  6. Kalau semua pipa sudah terpasang semua saatnya memasang pompa, disini saya menggunakan pompa dengan daya dorong 2,4 m. Pompa akan tersambung dengan selang karet lalu dilem ke pipa ½ inchi yang sudah saya rekatkan dengan clamp di kerangka instalasi hidroponik.
  7. Hidroponik NFT

    Terakhir adalah memastikan tidak ada yang bocor (walaupun kenyataannya masih ada), semisal dengan selotif pipa tidak berhasil coba pakai cat anti bocor. Sapukan di sekeliling sambungan modul hidroponik NFT tunggu kering (biasanya 2 harian) dan kalau masih bocor juga ya dibongkar dulu abis itu dilem dengan lem pipa.

Ini instalasi hidroponik NFT versi saya yang saya terjemahkan dari konsep  system hidroponik NFT yang umumnya. Untuk ragam dan jenisnya cukup banyak tinggal bagaimana kita pengaplikasiannya

 

 

2 thoughts on “Tips Membuat Instalasi Hidroponik NFT dari Pipa Paralon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *