Tips Agar Selada Hidroponik Tumbuh Subur

Posted on: April 18, 2018, by :
Selada, manfaat selada, selada hidroponik

Buat kami berdua dengan istri selada merupakan sayur favorit untuk dimakan karena memang gampang diolah jadi salad maupun langsung dimakan sebagai lalapan. Untuk jenis selada hidroponik yang banyak saya tanam adalah selada keriting, warnanya hijau cerah dengan daun keriting disetiap sudutnya. Biasanya saya makan sebagai lalapan kalau malas masak sayur atau pelengkap di roti sandwich (alakadarnya), dimakan dengan mie instan dan nasi goring. Pada intinya malas masak sayur ya yang disantap selada untuk sayurnya.

Untuk jenis-jenis selada yang sudah pernah saya tanam yaitu selada keriting, selada RZ, selada romaine, selada butterhead, selada kriting merah, selada RZ merah dan yang terakhir adalah jenis butternut (baru beli). Kenapa saya suka menanam selada, ada beberapa hal nih:

  1. Selada gampang sekali ditanam, selada hidroponik banyak dijual karena gampang dibudayakan. yang jelas selada hidroponik itu bisa dibilang sayuran sehat karena bebas pestisida dan lebih bersih apalagi menanam sendiri.
  2. Selada termasuk sayur yang digemari dan memiliki nilai jual yang bagus, gampang diolah dan bisa dikonsumsi untuk sehari-hari oleh karena ini mengapa Saya menanam Sayuran Hidroponik di Rumah Sendiri.
  3. Selada bayak jenisnya, memang selada bukan tanaman asli dari Indonesia namun cukup banyak dipakai di kuliner sebagai pelengkap. Saya pernah lho salah kira selada RZ itu selada keriting ternyata itu dua varietas yang berbeda. Jadi beli bibit RZ tapi berharap yang tumbuh selada keriting.
  4. Selada juga banyak manfaat untuk tubuh selain sumber serat, bisa dibaca di Mengenal Manfaat Selada untuk Tubuh. Saya dirumah selada sering dimakan sebagai lalapan dan kadang suka dijus dicampur dengan buah-buahan yang rasanya manis agar rasa seladanya hilang jadi bisa di konsumsi anak saya.
  5. Selada hidroponik termasuk yang ti dak rewel perawatannya, sayuran sehat ini tahan cuaca Samarinda, tahan hama, dan tidak perlu ditambahin apa-apa cukup perhatikan air nutrisinya saja.
  6. selada juga bisa digabung dengan tanaman lain saat ditanam asalkan rentan PPM AB mix nya sama, kalau di pasangin dengan kale dan nutrisi AB Mix menggunakan takaran Kale makan si selada akan mati sebaliknya bila menggunakan takaran AB mix selada maka si kale tumbuh tidak optimal.

javarose lettuceSo apa saja yang harus dilakukan untuk yang menanam sendiri selada hidroponik dirumah agar seladanya tumbuh dengan baik?

  1. Pilihlah bibit yang baik, apapun jenis teknik bertanam, mau konvensonal, hidroponik, aquaponik dll. Carilah bibit yang bagus, karena dari bibit yang bagus akan menghasilkan sayur yang bagus. Lebih lengkap cerita saya mengenai memilih bibit Memilih Bibit untuk bertanam Sayur Hidroponik.
  2. Saya lebih suka menanam di pipa dengan DFT atau NFT terutama selada keriting karena hasinya lebih bagus dan menggunakan rockwoll, pernah juga menanam di botol air mineral bekas tapi hasinya tidak sebagus menggunakan DFT dan NFT.
  3. Agar hasil panen satu lubang tanam tampak banyak dan gemuk, saat menyemai di rockwoll temptkan 3—5 benih per rockwoll. Kalau tumbuh semua hasilnya akan gemuk sekali, pas panen bisa diatas 200 gram. Agar semaian juga bagus harus banyak terkenan sinar matahari pagi.
  4. Selada menyukai tempat yang terkenan banyak sinar matahari, jadi kalau tempatnya agak temaram hasilnya akan kutilang sekali.
  5. Teorinya untuk selada kepekatan nutrisinya sekitar 560-810 ppm, berhubung saya tingalnya ini di Samarinda dan cuaca lebih sering cukup panas dan kadang suka panas sekali. Biasanya kepekatan nutrisi AB MIX selalu diatas 1.000 ppm tapi tidak pernah lebih dari 1.500 ppm.
  6. Jarak tanam juga perlu diperhatikan ya, jarak ideal atar lubang tanam sekitar 15-20 cm kurang dari itu bakalan desak-desakan dan tumbuh tidak optimal.
  7. Selalu cek selada hidroponik anda tiap hari dan pantau perkembangannya, permasalahan utama adalah kadang saya tidak periksa kepekatan AB mix dan air secara rutin. Kalau selada sudah remaja dan akan segera panen umumnya membutuhkan air lebih banyak.
  8. Instalasi hidroponik saya langsung terkena sinar matahari jadi gampang sekali ditumbuhi lumut di dalam pipanya, jadi saya selalu melakukan pengecekan dan pembersihan terhadap akar dan batang Selada agar tidak ada lumut yagng menempel terutama saat tanaman masih muda. Lumut sebearnya tidak terlalu mengganggu Cuma saja tidak enak dilihat, lagipula apabila instlasi hidroponik kita bersih bisa mengurangi terkenan penyakit.
  9. Berat selada per lubang tanam sekitar 200 gram, itu saja sudah sangat cukup lebat dan gemuk sekali untuk Module DFT saya dengan jarak perlubang 15 cm. seperti punya saya karena selada gemuk sekali menyebabkan selada romaine yang posisinya dibawah tidak terkena sinar matahari dan agak terdesak.
  10. Selada yang paling enak yang pernah saya makan adalah butterhead, kenapa? Selada ini walaupun tumbuh di kondisi Samarinda yang panas rasanya netral tidak seperti selada yang lain, agak pahit (selada cenderung pahit bila saat panen kondisi cuaca panas sekali). Kalau dikupas perlembar daunya, bentuknya seperti kubis/kol rasanya mirip tapi lebih berair. Sayangnya saya belum ketemu bibitiyang cocok untuk gampang ditanam di Samarinda.
  11. Panen agar dilakukan di pagi hari saat matahari belum terlalu panas, bila terlampau siang dan panas biasanya selada sudah terlampau layu dan tidak sedap dipandang mata. Katanya sih selada kalau beberahari sebelum panen cuacanya panas akan berpengaruh rasa si selada karena cenderung pahit.

 

10 thoughts on “Tips Agar Selada Hidroponik Tumbuh Subur

  1. Halo pa mau tanya, untuk menyemai lebih dari 1 benih dalam 1 rockwoll, apakah harus dibuat beberapa lubang atau beberapa benih ditempatkan dalam 1 lubang yang sama? Terima kasih untuk penjelasannya

  2. selamat siang pak,Pak sy sudah 2 kali coba tanam selada dengan sistem nft ,tp gagal terus krn selada tidak mau berkembang ,tidak tumbuh bnyk kelopak , kenapa ya pak?? kebetulan saya tinggal di daerah yg cuaca panas?

    1. Ini saran saya ya, semoga bermmanfaat
      1. Perlu diperhatikan bapak/ibu selada itu ada beragam jenisnya, ada yang untuk tempat dataran tinggi dan ada yang dataran rendah, coba cek jenis bibitnya sapa tau jenis sealda yang dimiliki tidak cocok tempatnya

      2. Untuk mensiasati panas bisa menggunakan plastik UV dengan sekian micron, semakin besar jumlah mikron semakin baik gunanya untuk menyaring sinar UV dan pelindung dari air hujan lalu bisa juga beli paranet yang 20% atau 30%. Paranet bisa mengurangi intensitas cahaya dan panas matahari yang kena tanaman

      3. Coba cek PH air, kalau terlalu asam atau basa tanaman tidak mau tumbuh dan sesuaikan nutrisi AB Mix dengan umur tanaman

    1. kalau dari bapak sampaikan sepertinya kepanasan pak, coba pakai net/jaring biar intensitas cahaya berkurang. Untuk akar busuk bisa juga karena oksigen didalam air terlarut tidak mencukupi, coba pakai air pump aquqrium.

    1. macem2 pak, tergantung kondisi. Saya pernah coba nanam selada benih impor tp g berhasil tapi pas makai merk lokal hasilnya lebih baik. Sementara ini saya sering makai Know* Your Seed

  3. Siang Pak, saya dari Kupang – NTT, kebetulan cuaca di kupang kalau siang panasnya bisa sampai 31°. Td pagi saya pindah tanam selada keriting yg sdh saya semai sekitar 10 hari yang sdh tumbuh 3 daun dan ppm yg saya berikan saat pindah tanam adlh 500 ppm, trus ph nya di angka 6.1 yang mau saya tanyakan apa umur semai 10 hss dg 3 daun yg tumbuh,serta akar yg sdh lumayan banyak dan dengan ppm 500 dan ph 6.1 apa tdk ada masalah pak dg perkembangan selanjutnya selada keriting yg saya tanam? Mksh sebelumnya pak…

    1. Kalau teorinya kita nunggu daun sejati dulu baru pindah tanam, saya juga sering kok dipindahkan sebelum berdaun 4. untuk nutrisinya sih, yg saya tahu ada beberapa orang juga ngasih PPM segitu pas masih semai, resikonya nantirockwool lumutan apalagi yg lokasimya banyak sinar matahari. Untuk urusan suhu, ada baiknya dikasih paranet biar ga kepanasan oalnya nanti bisa buntet hasilnya. nah untuk ph, saya ga pernah konsen sih, cuek aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *