Mengenal Manfaat Selada untuk Tubuh

Posted on: December 30, 2017, by :
Selada, manfaat selada, selada hidroponik

Siapa yang tidak kenal dengan selada? Selada sering ditemukan diberbagai makanan, sering dikonsumsi begitu saja alias menjadi lalapan. Kita sering menemukan berbagai macam kuliner yang menambahkan daun selada di dalam menunya, biasanya di menu-menu western di restoran. Kenapa selada dipilih? Karena memang pengolahannya gampang tidak ribet dan orang banyak yang suka dimakan mentah atau dicampur dengan buah atau sayur lain misalnya salad yang sering kita temui di restoran barat. Kalau yang suka makan hamburger, hot dog, kebab, pasti sudah tidak asing lagi karena biasanya isian sayurnya suka diselipin selada.

Selada ini enak sekali di santap sesaat setelah dipanen, ada baiknya panen sayuran itu di pagi hari agar kondisi selada masih segar karena  penguapan akibat matahari masih sedikit. Selada mudah sekali kita jumpai baik di pasar tradisional dan modern jadi bukan menjadi barang yang susah didapat. Umumnya selada atau yang dalam bahasa inggris disebut lettuce yang yang sering dijual di pasar adalah selada keriting atau bahasa latinnya Lollo Verde, perlu diingat selada atau lettuce ini bukan sayur asli Indonesia. Selada ini dibawa oleh orang barat yang datang ke Indonesia karena mereka tidak cocok makan daun singkong apalagi plecing kangkung seperti kita ha2x…..(just joke). Kalau anda berkunjung ke pasar modern anda akan menemukan beberapa jenis selada bahkan saya sendiri tidak pernah dengar dan tahu sebelumnya, seperti lollo rosso (selada merah), romaine, butterhead, iceberg dll.

Terlepas dari berbagai macam jenis selada yang banyak dijual, tahu tidak manfaat selada bagi tubuh manusia? Yuk mari kita cek dimari yang sudah saya ulas dari beberapa sumber:

  1. Sumber vitamin A

Seperti sayuran pada umum yang mengandung mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, selada merupakan sumber vitamin A dan beta karoten. Vitamin A ini bermanfaat sekali untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mata. Pengolahan selada yang tepat akan tetap menjaga kandungan nutrisi didalamnya, makanya banyak yang senang makan mentah.

2. Mencegah penuaan dini

Manfaat Selada juga bisa untu mencegah penuaan dini . Selada merupakan sumber antioksidan yang banyak sekali manfaatnya, zat zeaxanthi yang terkandung didalamnya mampu mencegah penuaan dini dan mampu mencegah penyakit katarak. Selain itu ada juga flavonoid yang diketahui membantu mencegah serangan kanker paru-paru dan mulut.

3. Menguatkan tulang

Vitamin K mampu memperkuat tulang dan meningkatkan produktivitas hormon osteotrophic didalam tulang dan mencegah osteoporosis alias pengeroposan tulang, ini biasanya terjadi pada ibu pasca melahirkan dan para lansia. Nah si selada ini juga kaya akan vitamin K sehingga rutin mengkonsumsi amat dianjurkan dengan jumlah tertentu. Manfaat selada dengan vitamin K yang lain adalah mampu mencegah kerusakan otak neuronal dan mencegah penyakit alzheimer.

4. Meningkatkan kesuburan

Buat para wanita yang ingin mempunyai anak, selada juga kaya akan folat dan vitamin C lho. Folat itu dapat membantu meningkatkan kesahatan janin selama masa kehamilan dan meningkatkan kesehatan organ reproduksi baik pria dan wanita. Selada juga mengandung vitamin c walaupun tidak sebanyak di beberapa buah dan sayur lainnya namun tetap vitamin c mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang bisa menghalau serangan penyakit.

5. Kaya akan mineral

Zat besi, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, dan potasioum merupakan mineral yang terdapat di Selada selain yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Kalium bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Kalsium bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Sedangkan tembaga dan zat besi membantu produksi sel darah merah dalam tubuh. Masih meragukan manfaat selada? Semoga tidak ya

Setelah saya cerita diatas, masih bingung apa saja manfaat selada coba deh baca lagi dari awal atau baca sumber lain yang lebih ilmiah dan terpercaya. Yang jelas selada kaya akan manfaat baik mineral yang terkandung didalamnya mapun vitamin dan pengalaman saya pribadi yang pernah mengkonsumsi makanan diet, selada ini tidak pernah absesn dalam menu, paling tidak dalam sehari atau dua hari menu selalu ada selada. Umumnya selada yang digunakan juga selada yang sehat seperti yang organik dan hidroponik.

Tips sebelum mengkonsumsi selada pastikan selada sudah dicuci bersih apalagi kalau beli selada ini di pasar, umumnya selada yang dipasar berasal dari petani yang bercocok tanam konvensional dan menggunakan pestisida agar tanaman terhindar dari hama. Pestisida apabila masuk ke dalam tubuh manusia dalam jumlah yang banyak dan dalam rentan waktu yang lama akan sangat membahayakan tubuh, bukannya sehat didapat malah sakit. Alternatifnya anda bisa membeli selada organic tapi harga cukup mahal atau selada hidroponik yang harganya terjangkau di kantong. Untuk bumil hidari makan makanan mentah yang tidak dicuci bersih agar tidak mengganggu kesahatan janin.

Semisal anda merasa perlu mengkonsumsi selada atau sayuran hijau tiap hari kenapa tidak mencoba bertanam selada sendiri dirumah seperti pengalaman saya di Selada Hidroponik yang Tidak Keriting. Saya memulianya dengan botol bekas lho, saya kumpulkan buat wadah tanam hingga lama-lama saya beralih ke hidroponik yang  menggunakan pipa paralon. Saya bisa mengontrol semuanya dari awal sampai panen. Yang jelas buat saya lebih hemat dan puas, ini menjadi alasan saya Mengapa Menanam Sayuran Hidroponik di Rumah Sendiri.

3 thoughts on “Mengenal Manfaat Selada untuk Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *