Membuat Pestisida Alami untuk Pemula dari Bawang Putih dan Rokok

Posted on: April 13, 2020, by :
pestisida alami dari bawang putih

Sebelumnya saya mau menyatakan disclaimer dulu, bahwa video atau postingan ini dibuat dalam rangka pembelajaran. Author/penulis sendiri belum pernah mengenyam pendidikan tentang pertanian karena author basicnya adalah akuntansi. Beberapa sumber pembuatan pestisida ini dari youtube, koran online dan buku. Satu hal lagi, saya belum menemukan penelitian empiric yang menunjukan seberapa efektif pestisida alami ini (saya juga ga melakukan penelitian), hanya saja kedua bahan ini banyak digunakan dan dipraktekan. Postingan ini juga ada bentuk video di channel kebun ichiro an sudah saya sematkan

Dalam membuat pestisida alami ini saya akan memanfaatkan bawang putih dan rokok (yang saya ambil dari rokok kretek merk tertentu) yang saya campurkan kedalam MOL atau POC dari air cucian beras.  Selain sebagai pestisida, cairan yang saya buat ini sebagai penyubur tanah organik atau pupuk organik cair dapat diaplikasian sebagai pestisida alami, jadi saya akan membuat MOL/POC terlebih dahulu Referensi pembuatan MOL/POC adalah  sebagai berikut:

“Membuat Mikro Organisme Lokal (MOL) dan Kompos dari sampah Rumah Tangga karangan Mulyono, PT. Agro Media Pustaka, 2014”

“Panduan Membuat Pupuk Kompos Cair: Untung Mengalir dari Pupuk Kompos Cair, Panji Nugroho, Pustaka Baru Press, 2019”

 Ada beberapa istilah yang perlu di perhatikan antara lain

MOL atau kepanjangan dari mikro organisme lokal dalam terjemahan bebas artinya mikroorganisme di sekitaran kita yang dimanfaatkan sebagai starter dalam pembuatan pupuk organik padat maupun cair. Bahan utama pembuatan MOL adalah karbohidrat, glukosa, dan mikroorganisme.

POC atau Pupuk Organik Cair dalam terjemahan bebas artinya pupuk yang pembuatannya berasal dari limbah organik seperti kotoran hewan maupun sampah/kompos, sisa tanaman yang intinya bukan dari hal-hal bersifat kimiawi buatan.

Mari memulai Belajar Membuat Pestisida Alami

Saya akan membuat terlebih dahulu MOL, yang bahannya dasar utama adalah air cucian beras, gula merah cair , dan larutan EM4 (biangnya mikroorganisme). Larutan EM4 bisa dibeli di toko-toko pertanian, satu botol bisa digunakan untuk membuat bayak POC. Air cucian beras saya dapat dari beras yang sehari-hari sekeluarga makan dan yang terakhir gula merah beli dipasar atau toko kelontong terdekat lalu dicairkan.

  • Pertama-tama air cucian beras sebanyak 1 s/d 1,5 liter yang sudah kita tamping dicampur dengan satu tutup botol larutan em4 dan satu tutup botol gula merah cair lalu aduk-aduk sampai rata untuk membuat MOL. Nah MOL sederhana ini bila di siramkan ke tanah dapat mengembalikan kemampuan tanah untuk menyimpan hara karena ada kandungan mikroorganismenya oleh karena nya tanah menjadi lebih subur sehinggan sering juga di sebut sebagai pupuk organik cair (POC)
  • Masukan bawang putih yang sudah dihaluskan (kalau saya hanya dipotong kecil-kecil), semakin banyak semakin mantab sebenarnya hanya saja nanti bau yang dihasilkan dari fermentasi luar biasa menyengat. Lalu masukan rokok kretek yang udah kita hancurin, jadi tembakaunya yang kita ambil bukan yang lain. Semisal rokok jenis lain puntungya dibuang ya cukup ambil tembakaunya saja
  • Lalu larutan MOL/POC tadi disimpan agar proses fermentasinya berjalan, saya sih hanya 1 mingguan saja fermentasinya karena perlu segera di aplikasikan sebagai pestisida alami.

Kenapa bawang putih dan Kretek/tembakau digunakan sebagai pestisida alami

Ada penelitian menyebutkan bahwa bawang putih ekstrak bawang putih dapat dijadikan pestisida alami seperti yang di beritakan oleh tribun https://aceh.tribunnews.com/2014/03/11/ditemukan-pestisida-alami-dari-ekstrak-bawang-putih.

Dalam bawang putih ini ada semacam senyawa yang mampu menghambat OPT (organisme pengganggu tanaman)

Berikutnya adalah tembakau yang memiliki efek yang sama sebagai pestisida alami. Beritanya ada di https://news.okezone.com/read/2017/01/27/519/1602567/pria-ini-olah-puntung-rokok-jadi-pestisida-kok-bisa. Untuk senyawa seperti apa, saya belum tahu dan belum menemukan refrensi yang pas. Namun sejauh ini efektif sebagai pestisida alami untuk beberapa jenis OPT. Bahkan sudah ada yang membuat khusus dari asap tembakau cair

Aplikasi Pestisida alami bawang putih dan Rokok

Dipostingan video saya di channel youtube kebun ichiro sebelumnya saya sudah pernah upload bagaimana membuat Pupuk Organik Cair dari Cucian Beras dan banyak komen yang menanyakan bagaimana aplikasinya ke tanaman dan bagaimana bila di dicampurkan dengan air(dikocorkan). Jujur saya tidak tahu seberapa perbandingannya yang pas, ada yang komen 1:10 artinya 1 liter POC untuk 10 liter air. Oke lah saya tampung dulu sambil saya praktekan juga

Karena ini POC sekaligus pestisida dan saya coba-coba praktek maka saya berkesimpulan 1:3 bisa juga 1:5 tergantung stock POC yang saya punya. Yang penting saat pencampuran dan penyemprotan ke tanaman masih ada aroma hasil fermetasi yang artinya tergantung seberapa banyak bahan yang kita campur dalam hal ini bawang putih dan rokok. Kalau rokok harga pasti stabil kan ya segitu-segitu saja se Indonesia Raya nah yang jadi masalah bawang putih ini yang bisa melonjak tajam di beberapa waktu dan juga kan bawang putih dipakai juga buat masak oleh istri. Ga kebayang bawang putih habis pas istri mau masak……wajan melayang.

Oke kembali lagi ya, pestisida alami ini saya aplikasikan dengan sprayer. Saya semprot bagian daun dan batang . Kedua bagian sering banget jadi sasaran hama dan OPT, selain itu bisa juga disemprotkan ke media tanam buat penyubur tanah. Aplikasi ini saya lakukan pagi dan sore hari ya rutin tiap hari dan alhamdulillah serangan hama berkurang seperti ulat bulu dan bekicot, bukan ga ada hilang sama sekali namun berkurang . nah di kebun ichiro salah satu hamanya adalah bekicot, penanganan hewan ini harus secara mekanis juga alias kalau nemu harus dimatikan namun jumlahnya lumayan berkurang drastis

Kelebihan dan kekurangannya Pestisda Alami bawang Putih dan Rokok

Kelebihan

  • Bisa dibuat sendiri dirumah
  • Bahan-bahan relatif gampang didapat
  • Alami non kimia, aman buat manusia
  • Tanah jadi lebih subur dan tidak merusak tanah (bisa dipakai menanam lagi)
  • Bisa untuk tanaman organik dan hidroponik
  • Cocok untuk kebun dirumah dan pekarangan rumah

Kekurangan

  • Hama dan OPT tidak langsung mati
  • Harus dilakukan rutin dan berulang tiap hari
  • Efek dari pestisida alami ini biasanya singkat, semisal kena guyur hujan makan ikut larut dengan air hujan.
  • Harga bawang putih yang suka naik

Jangan Lupa Like Comment & Share apabila menyukai video Membuat Pestisida Alami untuk Pemula ini bagi yang nonton lewat channel Youtube, Jangan lupa untuk subscribe channel kebun ichiro bagi yang belum. Tombol Subscribe ada di kiri bawah. Terima kasih wassalammualaikum wr wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *