Budidaya Mint dengan Instalasi Hidroponik NFT dan Ready Stock Mint

Posted on: January 14, 2020, by :
mint hidroponik

Mint buat kebun ichiro merupakan salah satu tanaman favorit yang ditanam dirumah, kenapa jadi favorit? Tanaman mint ini banyak manfaatnya dan dapat menambah aroma dalam makanan dan minuman yang kita buat. Budidaya tanaman mint juga relatif gampang alias tidak susah asal kita sudah paham cara  budidaya yang tepat. Terlebih lagi apabila kita memiliki instalasi hidroponik dirumah, tanaman mint akan cepat sekali tumbuh dan berkembang. Mint hidroponik umumnya lebih subur karena tercukupi kebutuhan nutrisi (unsur hara makro dan mikro) dan kandungan oksigen dalam air yang terlarut

Kebun Ichiro kali ini akan membagikan bagaimana  caranya budidaya mint dengan instalasi hidroponik NFT. Secara garis besar cara yang digunakan untuk budidaya mint adalah dengan stek batang dengan sedikit modifikasi karena menggunakan system hidroponik, kalau istilah kerennya Water propagation. Kebun ichiro juga memiliki beberapa tanaman mint yang ditanam dengan media tanah namun memang hasilnya tidak sebagus dengan hidroponik karena ada beberapa faktor salah satunya unsur hara yang terkandung pada media tanah.

Buat teman-teman yang malas membaca blog ini, kebun ichiro juga sudah menyediakan versi videonya. Isi dari video ini dapat di tonton di channel youtube kebun ichiro dan di ematkan pada postingan blog ini. isinya sama saja, kurang lebih saja hanya saja kadang kalau di vlog saya suka blank mau ngomong apa namun enaknya  kebun ichiro bisa menjelaskan lebih detail karena bisa langsung praktek. Sedangkan di blog, penjelasan bisa saya detailkan disampaikan tanpa terburu-buru, oke langsung saja silahkan tonton videonya di bawah ini berikut penjelasakan dibawahnya

Ready Stock Tanaman Mint

Buat yang di area kota Banjarmasin dan sekitarnya, apabila butuh tanaman mint yang siap tanam bisa menghubungi kebun ichiro karena kami juga menyediakan Tanaman Mint dan sudah siap jual. Tanaman mint ini kami budidayakan dari kebun sendiri dengan metode stek batang lalu di besarkan di instalasi hidroponik NFT dan DFT. Untuk pemesanan bisa menghubungi IG atau WA berikut ini

WA: 082148352406

jual miint Banjarmasin
Jual Mint Banjarmasin

DM Via IG @aditkus

Menanam mint sendiri lebih hemat daripada membeli daun nya di supermarket, disamping itu kesegarannya selalu terjaga karena dipetik saat diperlukan. Untuk tanaman yang dijual di kebun ichiro 100% bebas pestisida kimia, jadi tidak perlu khawatir. Kami hanya menggunakan pestisida alami atau nabati.

Bahan dan peralatan yang diperlukan

Bahan utama yang diperlukan adalah rockwool, disini kebun ichiro menggunakan yang bekas dan baru. Sama saja keduanya, karena masih bisa digunakan untuk pada penanaman mint hidroponik ini. Jangan lupa potong dadu untuk rockwool yang baru, sediakan cutter dan air bersih.

Instalasi yang saya gunakan adalah NFT, instalasi hidroponik ini biasa saya pakai untuk penyemaian dan memperbanyak mint untuk dijual. Tanaman mint dengan instalasi hidroponik NFT sementara ini lebih unggul dibandingkan dengan penanaman dengan tanah, walaupun tidak diberi air nutrisi AB MIX. Sementara ini air yang saya gunakan merupakan campuran POC yang saya buat sendiri untuk cara pembuatanya ada di postingan Cara Mudah Membuat Pupu Organik Cair dari Azolla, ini masih tahap percobaan karena ingin melihat bagamana efeknya kepada mint hidroponik yang kebun ichiro budidayakan.

Mencari Batang Mint yang Bagus untuk Stek

Kamu tidak bisa asal potong batang mint lalu ditancepin di rockwool, salah pilih dan potong stek batangnya tidak mau berkembang hasilnya bukan mint hidroponik tapi malah mati. Pilih batang yang masih ada putih-putihnya alias batang baru untuk stek mint atau pun water propagation. Itu penting sekali, batang yang coklat menandakan bahwa batang terebut sudah tua dan tidak bisa berkembang lagi. Cek di video bagaimana saya memilih batang untuk stek mint dalam memilih anakan mint yang bagus.

Setelah batang mint dipotong, bersihkan dari daun mint, sisakan hanya daun yang diujung saja selebihnya bisa anda konsumsi daun mint tersebut. Sisakan lah dua helai daun saja, semakin banyak daun maka semakin besar penguapan yang  terjadi sedangkan energy mint saat ini adalah untuk merecovery batang yang dipotong tadi (mint butuh konsoilidasi bagian bawah). Mint butuh energy untuk membangun perakaran, setelah akarnya muncul umumnya pertumbuhan akan mulai keatas dan daun mulai akan lebat. Instalasi hidroponik NFT ini mampu merangsang tumbuh akar dengan cepat, sebenarnya yang peting bagian bawah batang terendam air.

Pindah ke Net POT, Budidaya Mint dengan Hidroponik

Batang mint yang sudah kita siapkan tadi akan kita pindahkan ke net pot, namun sebelum itu rockwool dibasahi dengan air bersih lalu di belah jadi dua (tidak perlu sampai putus)  untuk menjepit batang mint tadi. Kalau sudah ready, mint dipindahkan ke net pot, usahakan rockwool agak menyembul sedikit dibawah netpot. Biar apa? Agar bisa menangkap aliran air di instalasi HIdroponik NFT dan itu akan jadi jalan keluarnya perakaran.

So after this, letakan netpot yang berisi mint di lobang tanam yang sudha disediakan, tunggu sampai seminggu untuk melihat perkembangan apakah akar keluar apa belum. Sepengalaman kebun ichiro, 1 minggu akar sudah keluar dan dalam dua minggu mulai tumbuh keatas serta daun mulai lebat. Kalau kamu udah sampai tahap ini berarti proses  awal budidaya mint hidroponik sudah selesai, yang perlu dilakukan adalah maintenance si tanaman mint misalnya dengan selalu menjaga kandungan nutrisi AB mix dan menjaga kebersihan instalasi hidroponik tersebut.

Masalah yang kerap dihadapi Menanam Mint Hidroponik

Sebelum saya lupa. Selalu hati-hati dengan hama, hama utama yang kebun ichiro hadapi adalah hama bekicot dan ulat bulu yang memakan habis daun-daun mint. Ulat bulu dan bekicot sementara hanya di basmi dengan manual saja alias diambil dengn tangan.

Buat teman-temen yang sementara ini belum punya instalasi hidroponik seperti milik Kebun Ichiro, bisa mencoba dengan menggunakan menggunakan botol air mineral, caranya silahkan di cek postingan Tips Menanam Mint Secara Hidroponik dengan Botol Bekas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *