Apakah Bisa Menanam Tomat Organik di Lahan Sempit?

Posted on: May 11, 2020, by :
tomat organik

Kebun ichiro kali ini sedang belajar menanam tomat organik dengan lahan seadanya di pekarangan rumah. tomat memiliki nama latin Lycopersicum esculentum, Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses.

Sebelumnya saya juga sudah pernah menanam tomat jenis tomat cery yang mana buahnya kecil dan rasanya manis. Penanam tomat yang sudah saya lakukan adalah dengan system hidroponik dutch bucket dengan masa tanam sekitar 3 bulan. Saya kira untuk tomat organik yang saya tanam kali ini pun masa tanamnya juga sama. Izinkan saya share pengalaman saya dalam menanam tomat organik di postingan/video kali ini, check this video below ya

Pemilihan bibit dan penyemaian bibit Tomat

Bibit tomat yang saya gunakan adalah dari Produk Paris Garden, untuk unboxing dan review produk tomat dari paris garden saya sertakan linknya dibawah ini

Unboxing Tomat Paris Garden
Menanam Tomat untuk Pemula (Review)

Bibit yang saya dapatkan itu satu paket pot, benih (berupa biji), media tanam, dan buku manual. Dimana semua produk berkebun dari Paris Garden sama seperti ini.

Kita mulai proses menyemai dengan menuangkan media tanam berupa cocopeat ke dalam pot lalu menebarkan biji ke dalam pot dan  Biji tomat yang disebar 0,1 gram net. Proses semai dimulai pada pertengahan februari 2020.

Media tanam harus dalam keadaan lembab untuk merangsang biji tomat sprout. Setelah beberapa hari biji sprout namun sayang tunas tomat kurus tinggi dan langsing atau sering disebut etiolasi. Keadaan tunas cukup rapuh mudah layu sehingga saya putuskan pindah ke media tanam hidroponik.

Pembesaran Bibit Tomat

Tunas tanaman tomat yang sudah dipindahkan ke instalasi hidroponik berkembang cukup baik dan jumlah yang saya tanam juga banyak sehingga instalasi hidropnik yang saya punya dirasa tidak cukup lagi menampung tanaman tomat yang ada. Instalasi hidroponik yang ada ini memang saya rancang penyemaian  sebelum di lanjutkan ke instalasi pembesaran dan di panen. Proses pemindahan ke instalasi hidroponik pada pertengahan maret 2020 (sedikit terlambat karena tunas berkembang tidak terlalu bagus) dan ada biji yang terlambat tumbuh juga

Kebun Ichiro juga menyediakan tanaman, fresh herbs and veggie. Bagi yang minat silahkan ke Halaman Jualan Kebun Ichiro.

Seperti yang terlihat ada tomat yang sedang saya semai disini di instalasi hidroponik dan ukurannya sudah mulai besar. Kenapa saya tidak menggunakan pot bawaan saja untuk menanam tomat organik? Pot yang ada ini ukurannya terlalu kecil untuk ukuran tomat yang ada karena tomat yang saya tanam tumbuh besar.

Menanam tomat organik di lahan sempit

Salah satu syarat bahwa tanaman itu organik atau tidak adalah dalam penggunaan pupuk dan pestisida. Disini saya mencoba menggunakan kedua hal tadi secara organik, saya memperoduksi pupuk organik cair sendiri dari kotoran sapi dan pestisida alami yang terbuat dari campuran bawang putih dan rokok. Pemberian pupuk organik cair ke tanaman tomat saya lakukan rutin apabila tidak hujan dua hari sekali dan pemberian pestisida organik/alami ini setiap hari pagi dan sore untuk mencegah serangan hama.

Seperti yang terlihat pada video tanaman tomat saya tumbuh subur walaupun tidak begitu besar ukurannya. Saat ini juga tanaman tomat organik dalam fase mulai berbunga sebelum fase berbuah, tomat juga saya letakan di area yang dibawah naungan daun kelapa sehingga tidak terlalu terik disiang hari.

Media tanam tomat organik yang saya gunakan adalah tanah biasa dengan diletakan pada pot dan polybag untuk menyesuaikan kondisi  lahan dirumah. Ukuran lahan yang saya gunakan juga tidak begitu besar dan saya harap cukup yaitu panjang sekitar 50 cm dan lebar 100cm. tidak lupa saya memberikan tali penyangga untuk batang tomat agar tidak rebah.

Ya seperti itu sharing kebun ichiro hari ini, semoga tomat organik ini dapat segera berbuah dan dapat di konsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *